Sabtu, 09 Juni 2012

belajar bahasa korea ^^

annyeonghaseyo chingu ^^
tema kita hari ini belajar bahasa korea

Belajar Tulisan Korea (Hangul)


Ketika kita ingin belajar bahasa Korea, langkah pertama yang harus dilakukan adalah belajar membaca tulisan Hangul (Han-geul / 한글). Sekedar info, pada zaman dulu kala rakyat Korea menggunakan tulisan Hanja, yang mana identik dengan tulisan Cina kuno. Tulisan Hanja itu termasuk logograf (ideograf), yang mana tiap hurufnya melambangkan suatu kata atau morfem. Untuk fasih membaca dan menulis tulisan Hanja, rakyat Korea perlu menghafal banyak sekali bentuk huruf, akibatnya hanya kaum terpelajar saja yang melek huruf. Lalu, pada pertengahan abad ke-15, Sejong The Great (세종대왕), raja yang memerintah dinasti Joseon di Korea saat itu, memiliki ide bagaimana meningkatkan tingkat literasi rakyat Korea, yaitu dengan cara menciptakan featural alphabet yang mudah dipelajari, Hangul.


Berikut ini saya mau membagikan cara praktis mempelajari tulisan Korea (aksara Hangul). Sebuah karakter Hangul disusun dari 2 atau lebih unit. Unit tersebut terdiri dari beberapa konsonan dan vokal, yaitu:


14 konsonan dasar + 5 konsonan ganda


gndrmbs-jchktph









kk
tt

ppss
jj





6 vokal dasar + 15 turunannya (+i, +y, +w)



aeooueui
aeeoewiui






yayeoyoyu


yaeye










wawo




waewe


Cara penyusunan unit-unit tersebut umumnya atas→bawah, atau atas→kanan→bawah. Supaya lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini:


Penempatan unit tulisan Hangul - © Wikimedia

Dari gambar di atas, perhatikan juga bahwa ada beberapa konsonan yang akan berubah bunyinya jika ditaruh di bawah (final), antara lain:

  • ㄹ: dari 'r' jadi 'l'
  • ㅇ : dari tanpa suara jadi 'ng'
  • ㅅ : dari 's' jadi 't'

Pengucapan konsonan pada Hangul mirip dengan konsonan bahasa Indonesia. Sedangkan untuk vokalnya, perhatikan contoh penulisan bahasa Indonesia menggunakan tulisan Hangul di bawah ini:


eogosong거성
ootomatis오토마티스
euemas으마스
aeestetika애스테티카
eemansipasi에만시파시


Sebagai latihan, silakan baca beberapa kalimat dasar berikut ini:

안녕하세요
= hai!

당신은 아름답습니다
= kamu cantik

저는 [____]  입니다
= nama saya [____]

감사합니다
= terima kasih

Kesimpulannya, untuk menguasai Hangul, sebenarnya kita cuma perlu menghafal 20 bentuk unit saja, 14 konsonan dasar + 6 vokal dasar. Selebihnya, kita cukup memahami pola improvisasi pada tiap unit tersebut, apakah didobel, +i, +w atau +y. Hal ini lah yang membuat tulisan Korea (Hangul) sangat jauh lebih mudah dipelajari daripada tulisan Cina atau Hanja.


mari belajar bahasa korea dasar ^^,, kita mulai dari kata ganti orang.
Kata ganti orang dalam bahasa Korea terdiri dari tiga (3) bagian yaitu :
 
Kata ganti orang secara umum
a. Saya - ( ) - Jo neun
b. Aku - ( ) - Na neun
c. Anda - ( ) - Tangsin eun
d. Kamu - ( ) - No neun
e. Dia (lk) - ( ) - Keu neun
f. Dia (pr) - ( ) - Keu nyo neun
g. Beliau - ( ) - Keu bun eun
h. Orang itu - ( ) - keu saram eun
i. Meraka - ( ) - Keu ne deul ( r ) eun
- ( ) - Ye ne deul ( r ) eun
j. Kalian - ( ) - Ni deul ( r ) eun
k. Kami / kita - ( ) - Uri neun


Kata ganti orang dalam keluarga dan diluar keluarga :

- Didalam keluarga
a. Ayah / bapak - / / - Aboji / Abonim / Appa
b. Bunda / Ibu - / / - Omoni / Omonim / Omma
c. Kakek - - Haraboji
d. Nenek - - Harmoni
e. Paman - f. - Samchon
g. Bibi - - Imo
h. Anak - - A I
i. Anak ( lk ) - - Adeul
j. Anak ( pr ) - - Ttal
k. Bayi - - Agi
l. Kakak ( lk ) - - Hyong ( sebutan untuk Lk-lk )
m. Kakak ( lk ) - - Oppa ( Sebutan untuk Pr – Lk )
n. Kakak ( pr ) - - Nuna ( Sebutan untuk Lk – Pr )
o. Kakak ( pr ) - - Onni ( Sebutan untuk Pr – Pr )
p. Adik ( lk ) - - Nam Tongseng
q. Adik ( pr ) - - Yo Tongseng
r. Keponakan - - Cokha
s. Sepupu - t. - Sachon
u. Orang tua - - Pumo
v. Cucu - - Sonja
w. Suami istri - - Pubu
x. Suami - - Namphyon
y. Istri - - Ane

- Kata Ganti orang di luar keluarga

Bapak - / - Ajosi / Abonim
Ibu - / - Ajuma / Ajumoni
Kakak (lk) / Mas - - Hyong nim ( Panggilan Lk-Lk )
Kakak (Pr) / Mba - - Nu nim ( Panggilan Lk-Pr)
Kakak (lk)/ Mas - - Oppa ( panggilan pr-lk )
Kakak (pr) / Mba - - Oni ( Panggilan Pr-Pr)
Tuan - …… - …… ssi
Nona - …… / - …… yang / ssi
Nyonya - …… -……. Miseu
Anak Muda (lk) - - Conggak
Anak Perawan - - Agassi
Anda / Saudara - - Jane
Kekasih / Pacar - - Ein
Teman - - Chinggu
o. Perempuan - - Yoja ( Pr )
p. Laki-laki - - Namja ( Lk )

3. Kata Ganti Orang berdasarkan jabatan :
Guru - - Sonsengnim
Murid - - Hakseng
Profesor - - Kyosu nim
Instruktur - - Kyosa nim
Tenaga ahli - - Kisulca
Ahli - - Kisanim
Sopir - - Unjon kisa
Direktur - - Sajangnim
Wakil Direktur - - Busajangnim
General manager - - kwajangnim
Kepala mandor - - bujang nim
Kepala karyawan - - panjang nim
Kepala pengadaan - - chajang nim
Kepal operasional - - kongjangjang nim
Staff kantor - - Deri nim
Sekretaris - - Kyong r(n)i
Karyawan - - Hwe sa won


*sehari hari
 
안녕하세요 (annyeonghaseyo) = Halo

Keluarga = Gajog ( 가족)
Ibu = eomeoni (어머니) (bacanya: omoni)
Ayah = abeoji (아버지) (apuci)

언니 (eonni) (bacanya: onni) = panggilan untuk kakak perempuan dari adik perempuan
noona (bacanya: nuna) = panggilan untuk kakak perempuan dari adik laki-laki
형 (Hyeong) (bacanya: hyung) = panggilan untuk kakak laki-laki dari adik laki-laki)
eoppa (bacanya: uppa) = panggilan untuk kakak laki-laki dari adik perempuan

할머니 (halmeoni) (bacanya: halmuni) = Nenek
할아버지 (hal-abeoji) (bacanya: arapuci) = Kakek
사촌 (sachon) = Sepupu
조카 (joka) = Nephew

아저씨 (ajeossi) (baca: ajusyi) = Paman
아줌마 (ajumma) (baca: ajuma) = Bibi

손녀 (sonnyeo) = Cucu perempuan
손자 (sonja) = Cucu laki-laki

그의 사위 (geuui ttal sawi) = Menantu Perempuan
사위 (sawi) = Menantu laki-laki
시어머니 (sieomeoni) = Ibu Mertua
시아버지 (siabeoji) = Ayah Mertua

의붓 아비 (uibus abi) = Ayah Tiri
의붓 어미 (uibus eomi) = Ibu Tiri
단계 딸 (dangye ttal) = Anak Perempuan Tiri
의붓 아들 (uibus adeul) = Anak Laki-laki Tiri


 


# PERKENALAN DIRI
Klo memperkenalkan diri misalnya :
- Jeoneun sugae hagesseumnida = Saya akan memperkenalkan diri
- Jae ireumen Lita imnida = Nama saya adalah Lita. *
- Chonun Indonesia saramiyeyo = Saya orang Indonesia
- Jeoneun yeol daseot sal imnida, Medan godeunghakyeoe gongbu hago isseumnida = Umur saya adalah 15 tahun, saya sekolah di SMA Medan.
- kamsahamnida = terima kasih

*atau dapat juga Je ireumeun Lita - irago hamnida = nama saya adalah Lita

# Bahasa Sehari”
안녕 하십니까 / 안녕 하세요 (Annyeong Hasimnikka / Annyeong Haseyo) = Apa Kabar / Selamat Pagi,Siang,Sore,Malam

안녕히 가세요 (Annyeonghi Ghaseyo) = Selamat Jalan

안녕히 계세요 (Annyeonghi Gyeseyo) = Selamat Tinggal

안녕히 주무세요 / 잘자요 (Annyeonghi Jhumuseyo/Jhaljhayo) = Selamat Tidur

어서 오세요 (Eoseo Oseyo) = Selamat Datang/Silahkan Masuk

들어 어세요 (Deureo Oseyo) = Silahkan Masuk

어떻게 지내세요 (Ottokhe Jhinaeseyo) = Bagaimana Kabarnya?

지내요 (Jhal Jhinaeyo) = Baik2 Saja

만나요 (Tto Mannayo) = Sampai Bertemu(jumpa) Lagi

실례 합니다 (Shillye Hamnida) = Permisi

하세요 (Haseyo) = Silahkan

반갑습니다 (Bhanggapseumnida) = Senang Berjumpa Dengan Anda

감사합니다 /고맙습니다 (Ghamsahamnida/Gomapseumnida) = Terima Kasih

천만에요 (Cheonmaneyo) = Terima Kasih Kembali

죄송합니다 (Jhwesonghamnida) = Mohon Maaf

미안합니다 (Mianhamnida) = Maaf

찮아요 (Ghwenchanayo) = Tidak apa2/Tidak Masalah

잡수세요 /식사하세요 (Jhapsuseyo/shikshahaseyo) = Silahkan Makan

먹거서요 (Jhal Meokgeoseoyo) = Terima Kasih Makanannya (Bila selesai makan)

오늘 즐거웠어요 (Oneul Jeulgheoweoseoyo) = Hari ini sangat menyenangkan

주말 지내세요 (Jhumal Jhal Jhinaeseyo) = Selamat Berakhir Pekan

네 , 있어요 (Ne, isseoyo) = Ya, Ada/Punya

아니오 , 없어요 (Anio, Opseoyo) = Tidak, Tidak Ada/Tidak Punya

배고프다 (Baegopheuda) = Saya Lapar

안돼요 (Andhweyo) = Jangan/Tidak Bisa

하지마 ! (Hajhima) = Jangan!

여보 세요 (Yeoboseyo) = Hallo

주세요 (Jhuseyo) = Minta

빌려 주세요 (Bhillyo Juseyo) = Pinjam

알아요 (Arayo) = Tau

알았어요 (Aratsoyo) = Mengerti/Paham

아이고 ! (Aigho) = Aduh!/Ya Ampun!

험해! (Wiheomhae) = Bahaya!/Awas!

조심해 ! (Jhosimhae) = Hati-hati!

다!/좋아! (Jhohta/Jhoha) = Bagus!/Saya Suka!

그래요 ? (Gheuraeyo) = Begitu?

정말 ? (Jheongmal) = Sungguh?/Benar?

거짓말 ! (Gheojhitmal) = Bohong!

가엾어라 ! (Ghayeopseora) = Kasihan!

도움 해!/원조해! (Doumhae/wonjhohae) = Tolonglah!/Bantulah!

# KOSAKATA & KALIMAT TAMBAHAN
* Haksaeng = pelajar
* Taehaksaeng = mahasiswa
* Hakkyo = Sekolah
* Taehak / Taehakkyo = Universitas
* Kodunghakkyo = SMA
* Kodunghaksaeng = pelajar SMA
* Chunghakkyo = SLTP
* Chunghaksaeng = pelajar SLTP
* Ch’odunghakkyo = SD
* Ch’odunghaksaeng = Pelajar SD
* Chorop = kelulusan
* Chorop’ada = lulus (tamat sekolah)
* Cho, na = saya
* Ku = dia (laki-laki)
* Ku-nyo = dia (perempuan)
* Saram = orang
* Ige = ini
* Kuge = itu (dekat)
* Choge = itu (jauh)
* Mwo, muot = apa
* Nugu = siapa
* Uri = kami
* Saengil = ulang tahun
* Je ireum = nama saya
* Nae ireum = namaku adalah
* Jeoneun morgesseumnida = saya tidak mengerti
* Naneun mollayo = aku tidak tahu
* Naneun neorul sarang haeyo –saranghaeyo— = aku cinta kamu
* Han-gugorul kongbuhaja = ayo belajar bahasa Korea
* Odiso wassoyo? = anda berasal dari mana?
* Chonun ……. Eso wassoyo = Saya orang ……. (biasanya untuk nationality)
* Odi saseyo? = anda tinggal dimana?
* Chonun …. saramiyeyo = saya tinggal di…..
* Hangugo hal chul aseyo? = Apakah anda bisa bahasa Korea?
* Hangugo hal chul arayo = saya bisa berbahasa Korea
* Hangugorul chogumbakke = saya bisa sedikit berbahasaKorea
* Hangugorul chonhyo mot’aeyo = saya tidak bisa berbicara bahasa Korea
* Algessoyo? = apakah anda mengerti?
* Algessoyo = saya mengerti
* Morugessoyo = saya tidak mengerti
* Tasi malssumhae chuseyo = tolong katakan lagi

#ISTILAH SEDERHANA#
===============
maknae : sebutan untuk yang paling muda dalam anggota
Saranghae : ‘aku cinta kamu’ dalam bahasa korea
Mianhae : ‘maaf’ dalam bahasa korea
kamsahamnida / komawo : ‘terima kasih’ dalam bahasa korea
Yeoja : ‘perempuan’ dalam bahasa korea
Namja : ‘laki-laki’ dalam bahasa korea
chingu : ‘teman’ dalam bahasa korea
Yeoja-chingu : ‘pacar perempuan’ dalam bahasa korea
Namja-chingu : ‘pacar laki-laki’ dalam bahasa korea
Halmeoni : ‘nenek’ dalam bahasa korea
Harabeoji : ‘Kakek’ dalam bahasa korea
eomma : ‘mama’ dalam bahasa korea
appa : ‘papa’ dalam bahasa korea
ajusshi : ‘paman’ dalam bahasa korea
ajumma : ‘bibi’ dalam bahasa korea
Hyung : ‘kakak laki-laki’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah laki-laki)
Nunna : ‘kakak perempuan’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah laki-laki)
Oppa : ‘kakak laki-laki’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah perempuan)
Eonni : ‘kakak perempuan’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah perempuan)
Dongsaeng : ‘adik’ dalam bahasa korea
Yeo-Dongsaeng : ‘adik perempuan’ dalam bahasa korea
Namja-Dongsaeng : ‘adik laki-laki’ dalam bahasa korea

Apa Kabar? = Anyong Aseo

Sampai Jumpa = Anyong

Kurang Ajar = Monyong

Tidak Lurus = Men Chong

Pria suka berdandan = Ben Chong

Tiba-tiba = She Khonyong Khonyong

Gak Punya Duit = Nao Dhong

Pengangguran = Nong Krong

Belanja = Bao Rhong

Merampok = Cho Long

Saringan Botol = Choo Rhong

Kendaraan Berkuda = An Dhong

Jual Mahal = Gheng Xi Dhong

Ngelamun = Bae Ngong

Mulut = Mon Chong

Sosis = Lap Chong



Suami dari adiknya Papa = Ku Chong

Kiss me = Soon Dhong Yang

Sweet memory = Choo Pang Dhong

Mobil mogok = Dho Rong Dhong

Lapangan luas = Park King Lot



Pantat gatal-gatal = Che Bhok Dhong

Nasi dibungkus daun pisang: Lon Thong

Cowok Cakep Kaca Mata: Bae Yong Jun

Cowok Cakep Rambut Lurus: Jang Dong Gun

Cowok Cakep Rambut Keriting: Ahn Jung Hwan



Bagian belakang = Bho Khong

Masih muda = brondhong

Pantat gatal = Ga ruk dong



Telur asin = Ndok A Chin

Sendok Gede = Cen Thong

Celana Sobek = Bho Long

Kepala Botak = Kin Clong



Lagi Menyanyi = Me Lo Lhong

Orang Hitam = Goo Shong

Bibir Ucup = Mo Nyong

Berbulu = Ge Ran Dhong

Jongkok Di Pinggir Kali = Be ol Dong _.___



pelajaran dasar

sapaan nihon :



hajime mashite = salam kenal (pertama ketemu)

yoroshiku onegaimasu = senang berkenalan / harap ingat saya



ohayo gozaimasu (baca: gozaimas)= selamat pagi (gozaimasu cuma menambah

kesopanan)

konnichiwa = selamat siang

konbanwa = selamat malam/sore

(selamat malan gua lupa .... tapi biasanya buat ngusir kaya inggris good night)



sayonara = selamat tinggal

jaa mata ashita = sampai ketemu besok

mata kondo = sampai nanti



ittadakimasu (baca: ittadakimas) = selamat makan / mari makan / saya makan

gachisousama-desita = saya selesai makan / kenyang (desita boleh engga dipake)

               

watashi/ore/boku

= saya/gua/aku (watashi khusus cewek)

anata/kimi/omae = anda/lu/kau

minna = semua orang

kanojo = cewe itu / pacar cewe

kareshi = cowo itu / pacar cowo



tambahan diatas +tachi buat dibikin jamak

contoh watashitachi = kami .... dst



kalo lu cowok :

boku no namae wa Junta -----> nama saya Junta



kalo cewek ganti "boku" ama "atashi/watashi" kalo mau

sangat sopan "watakushi" (cewek)



Anata wa Nihonjin desuka ? -----> kamu orang jepang?

"desuka" menandakan pertanyaan



contoh lain penggunaan "desuka"



Anata no namae wa dare desuka? ----> Nama kamu sapa?



Anata = Kamu

no = punya

namae = nama

dare = siapa



tapi dengan keberadaan "dare" kalimat diatas udah menandakan

pertanyaan jadi desuka bisa engga dipake :D:D:D



korea.

selamat pagi/siang/sore/malam = annyonghaseyo (annyong doang jg bisa)

good bye = annyong! / anyonghi /

good bye (said to the person leaving) = annyonghi kaseyo

good bye (said to the person as you leave) = annyonghi kyeseyo

pleased to meet you = bangapsumnida

 Saya Dhini --> (Chonun) Dhini imnida

Kamu orang Korea ? --> Hanguk saram imnikka ?

Saya orang Indonesia --> Indonesia saram imnida

C U Later --> Dasi mannayo

I like you --> Choaheyo



Good morning = annyong haseyo

Good afternoon / good evening = annyong hashimnika

Good bye = annyonghi kasayo

( to person leaving ) = annyonghi kashipshiyo

Good bye = annyonghi kyesayo

( to person staying ) = annyonghi kyeshipshiyo

Good night = annyonghi jumushipsiyo

How are you = ottosimnika





na = I ( informal )

nae = I

naneun = I / me+ nun ( topic marker )

naega = I / me+ ga ( subject marker )

naye = my / mine

yongwon = eternity

shippo = wish

hamke = together

irokhe = like this / this how to

dangsineul = you

kudae / gudae = you

saram = person

no = you ( informal )

noye = yours

uri = we

naege = me



sarang = love

wae = why

sesang = world

joahaeyo = like

miwohaeyo = hate

gomapseumnida / khamsamnida = thank you

mianhamnida = i am sorry

joesonghamnida = i am very sorry

naneun ...haeyo = I feel ( am )...

chorom = like / as

komawoyo = thankful

nomu = too

onje = when

chigum = now

haengbokhaeyo = being happy

jakku / dashi= again

imi = already

mahni = a lot

unmyong = fate

chongmal = really / the reality / the truth

arayo = knows

araso = understand / do you understand?



haesal = sunlight

jebal = please

hago = does

anha = no

aniyo = it is not

ye / ne = yes

andwae = it is not

nun = eye

mori = head

moriga = headache

shimjang = heart

opso = does not exist, none, not here

...apayo = i have a....

..yeyo = I have...



jagi / yobo = darling,honey,sweety

easy = swiwoyo

himdeureoyo = hard

pabo = stupid

modeun = everything

hajiman = but

motjoboyeoyo = handsome

nan nomu haengbokhan gol = i'm so happy

maum = mind / spirit / will

nul = always





* OTHERS :

abeoji = father

eomeoni = mother

appa = daddy

eomma = mommy

halmeoni = grand mother

harabeoji = grand father

oppa = Older brother ( if the speaker is female )

unni = Older sister ( if the speaker is female )

hyung = Older brother ( if the speaker is male )

noona = Older sister ( if the speaker is male )

dongsaeng = Younger sibling ( regardless of speaker's gender )

aein = seetheart

yonin = couple

yonae = dating

namjachingu = boyfriend

yojachingu = girlfriend

chingu = friend



 #sekarang kita belajar bilangan angka dalam bahasa korea
 Angka       Pure Korean       Sino-Korean
(Bilangan)  (asli Korea)         (saduran dari Bahasa Cina)
1                하나(한)                    일
                  ( Hana )                      ( il )
2                둘(두)                        이
                  ( Dul )                         ( i )
3                셋(세)                        삼
                  ( Set )                         ( Sam )
4                넷(네)                        사
                  ( Net )                        ( Sa )
5                다섯                          오
                  ( Dasot )                     ( O )
6                여섯                          육
                  ( Yosot )                     ( Yuk )
7                일곱                           칠
                  ( Ilgop )                       ( Chil )
8                여덟                           팔
                   ( Yodol )                    ( phal /fal )
9                아홉                           구
                   ( Ahob )                     ( Gu )
10              열                               십
                  ( Yol )                         ( Sib )
11              열하나                      십일
                  ( Yol Hana )                ( Sib il )
12              열둘                           십이
                   ( Yol Dul )                  ( Sib i )
13              열셋                          십삼
                   ( Yol Set )                  ( Sib Sam )
14              열넷                          십사
                   ( Yol Net )                 ( Sib sa )
15              열다섯                      십오
                   ( Yol Dasot )             ( Sib O )
16              열여섯                      십육
                   ( Yol Yosot )             ( Sib Yuk )
17              열일곱                      십칠
                   ( Yol ilgop )               ( Sib Chil )
18              열여덟                      십팔
                   ( Yol Yodol )             ( Sib Phal )
19              열아홉                      십구
                   ( Yol Ahob )              ( Sib Gu )
20              스물(스무)               이십
                  ( Semul )                    ( i Sib )
30              서른                         삼십
                  ( Soren )                    ( Sam Sib )
40              마흔                         사십
                  ( Mahen )                  ( Sa Sib )
50               쉰                            오십
                  ( Suin )                      ( O Sib )
60              예순                         육십
                  ( Yei Sun )                 ( Yuk Sib )
70              일흔                         칠십
                  ( Iren )                       ( Chil Sib )
80              여든                        팔십
                  ( Yoden )                 ( Phal Sib )
90              아흔                         구십
                  ( Ahen )                     ( Gu Sib )

100             백  ( Beik )

1,000             천 ( Chon )

10,000             만 ( Man )

100,000         십만 ( Sib Man )

1,000,000         백만 ( Beik Man )------> dibaca : Beng Man


10,000,000         천만 ( Chon Man )

100,000,000         억 ( Og )

1,000,000,000         십억 ( Sib Og )

10,000,000,000         백억 ( Beik Og )

100,000,000,000     천억 ( Chon Og )

1,000,000,000,000     조 ( Co )

keterangan dalam membaca bilangan Korea dapat di sederhanakan sebagai berikut:
setelah angka 10 ( sepuluh ),20 ( dua puluh )....sampai 90 ( sembilan puluh ) dibelakang angka , kita sebutkan angka dari awal 1( satu ) sampai 9 (sembilan)

Silahkan di lihat video dibawah ini ( angka 1-19) :
video




Video angka 20 - 99



Contoh :



  • angka (asli Korea) 11 = 10 ( 열 / yol ) + 1 (하나 / hana ) =====> 11 ( 열 하나 / yol hana )
  • sino Korea            11 =  10 ( 십 /sib )  + 1 ( 일 / il )         =====> 11 ( 십 일 / sibil )     
sekian yang bisa aku kasih tau,, semoga bisa membantu ^^/
  annyong chingu :))
gumawoo

3 komentar: