Sabtu, 27 Agustus 2011

Stop Gigit Kuku Dan Kunyah Es



Seringkali masalah pada gigi disebabkan bukan karena Anda kurang menjaga kebersihan gigi, melainkan karena kebiasaan buruk yang tanpa disadari telah membuat gigi anda rusak. berikut adalah sejumlah kebiasaan buruk yang harus anda hindari, agar tetap sehat dan kuat

: 
  • Gigi Sebagai Alat 
   Banyak orang menggunakan gigi mereka sebgai alat untuk membuka botol, kantong keripik, label harga pakaian, bahkan untuk memotong kabel. hal ini dapat memiliki efek traumatis pada gigi yang menyebabkan tepi gigi melemah dan menyebabkan maloklusi.

  • Mengunyah Es
  Banyak orang terbiasa mengunyah batu es, teutama es sisa setelah selesai minuman es dingin. suhu yang keras dan dingin dari es benar-benar dapat menyebabkan gigi menjadi patah. bahkan bisa membuat bagian dari enamel gigi rusak. dokter gigi merekomendasikan untuk membiarkan es meleleh dimulut seperti halnya memakan permen, bukannya malahan menghancurkannya dengan gigi.


  • Menguyah Benda Keras
    Tak sedikit orang yang punya kebiasaan mengunyah benda-benda keras seperti pensil, kuku dan benda keras lainnya. sebaiknya kembalikan fungsi utama gigi untuk mengunyah makanan.


  • Menghisap Lemon
     Jika dilakukan secara terus menerus, asam sitrat dalam lemon bisa meluluhkan mineral penting pada gigi dan mengikis permukaan luar gigi, sehingga membuat gigi menjadi sensitif terhadap makanan atau minuman dingin. namun, situasi ini tidak berarti anda harus menyerah pada semua buah-buahan jeruk. anda hanya harus memastikan bahwa anda tidak terus menghisapnya dimulut untuk jangka waktu lama.


  • Menyikat Terlalu Keras
  Banyak yang berpikir bahwa dengan menerapkan tekanan yang lebih saat menyikat atau menggunakan sikat gigi berbulu keras membuat gigi lebih mengkilap. ini adalah mitos palsu yang harus dihindari. bila anda menyikat terlalu keras atau menggunakan  sikat gigi berbulu keras, dapat merusak enamel protektif pada gigi anda. hal ini juga bisa menyebabkan gusi surut dan sensitivitas gigi meningkat.

  • Mengigit Kuku
  Kebiasaan mengigit kuku bisa berakibat buruk bagi gigi anda. hal ini dapat menyebabkan gigi depan anda rusak atau retak. bukan hanya itu saja, kebiasaan mengigit kukuakan memberikan kesempatan untuk kuman dan bakteri di kuku untuk masuk ke rongga mulut dan menyebabkan infeksi gusi.

  • Menggertakkan Gigi Saat Tidur
  Brukisme kronis alias menggerinda gigi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti gigi patah dan longgar. hal ini juga dapat menyebabkan nyeri pada sendi rahang, sakit kepala dan sakit gigi. untuk membatasi kerusakkan tersebut, dokter gigi umumnya akan menyarankan anda untuk memaikai alat penjaga mulut.

4 komentar:

  1. Nice info gan, baru tau kalo ngisap lemon berdampak buruk pada gigi :)

    BalasHapus
  2. mengigit kuku.
    beeh aku kena mamai mama ku bnrai meigut kuku (-..-")

    BalasHapus
  3. nah maka aku katuju bgt mengunyah batu es cz dingin" gimana gtu hehe

    BalasHapus
  4. infonya berguna niih.. soalnya aku sering ngunyah es :D..ohh iaa jangan lupa visit back blogku yah.. difolow juga, tar aku follbek. thanks

    BalasHapus